Bismillahirrohmannirrohim
Alhamdulillah akhirnya sampai pula di NHW #5. Dan sudah ketiga kali nya proses pembuatan maupun pengiriman NHW #5 saya mengalami keterlambatan. Rasanya beberapa pekan ini sy kesulitan untuk bisa menyelesaikannya dikarenakan beberapa hal tak terduga yang terjadi akhir-akhir ini. Semoga ibu kormin, ibu ketua kelas maupun ibu fasil bisa memakluminya..
Berbicara mengenai NHW #5, yaitu membuat design pembelajaran sendiri, rasanya agak membingungkan untuk saya harus memulai dari mana. Setelah mencari arti kata design pembelajaran melalui google, saya malah makin bingung, akhirnya setelah saya mengulang membaca materi kelima pekan ini, belajar caranya belajar, saya mencoba untuk menerjemahkan design pembelajaran untuk diri saya sendiri. Karena tidak ada aturan baku mengenai benar atau salah dalam pembuatan NHW #5 ini, maka menurut saya, design pembelajaran merupakan rancangan cara-cara yang akan digunakan untuk belajar, mempelajari ilmu yang sudah ditetapkan di awal ketika NHW#1 dengan disertai mengaitkannya dengan potensi yang saya miliki dan beberapa hal yang sudah tertuang dalam NHW-NHW berikutnya. Oleh karena itu, sdesign pembelajaran yang saya susun untuk diri saya sendiri maupun untuk anak saya didasarkan pada :
1. Ilmu yang ingin dipelajari
2. Potensi diri masing-masing
3. Gaya belajar
4. Dan pendukung-pendukung lainnya
Berikut ini merupakan uraian dari hal diatas :
1. Ilmu yang dipelajari
Mengingat NHW sebelumnya bahwa saya ingin mendalami tentang ilmu mengenal diri yang difokuskan dalam misi pesifik dalam bidang pendidikan anak usia dini, maka ilmu-ilmu pendukung haruslah dipelajari, yang antara lain adalah, ilmu bunda sayang, ilmu mengenai psikologi anak, ilmu bunda cekatan, serta ilmu bunda produktif yang kesemuanya akan dipelajari secara bertahap dalam komunitas ibu profesional ini. Selain darikomunitas ibu profesional, ilmu-ilmu ini akan saya dapatkan dari berbagai sumber literatur yang bisa saya dapatkan maupun dengan berdiskusi dengan beberapa orang yanhgdianggap ahli dalam bidang ilmu masing-masing.
2. Potensi yang dimiliki
Kemauan saya untuk terus belajar merupakan salah satu potensi yg saya miliki. Oleh karenanya, saya harus terus memupuk rasa ingin tau saya dengan terus belajar.
3. Gaya belajar
Saya termasuk dalam orang-orang yang lebih senang memanjakan mata dan pendengaran untuk bisa menangkap suatu informasi atau ilmu. Oleh karena nya, gaya belajar yang saya miliki adalah gaya audio visual dengan lebih dominan visualnya. Dengan membaca sesuatu, saya akan leboh mudah memahami sebuah informasi atau ilmu. Maka, saya akan lebih banyak membaca berbagai referensi untuk menunjang ilmu-ilmu yang sedang dan akan saya pelajari.
4. Pendukung lainnya
Keberadaan keluarga (suami dan anak) merupakan sebuah dukungan yang paling berharga untuk mencapai mosi spesifik hidup. Dengan adanya suami, saya mendapatkan partner diskusi yang baik, bersamanyalah saya bisa meluapkan apa saya yang menjadi kendala dalam perjalanan menuntaskan misi spesifik hidup dan berbago apapun mengenai berbagai ilmu yang ingin dan sudah dipelajari. Lalu, keberatldaan anak pun merupakan hal yang sangat penting. Dia lah guru kecil saya. Mengajarkan saya banyak hal yang tak bisa saya dapatkan dari mana pun. Oleh karena nya, saya akan terus menjaganya hingga dewasa, menjaga fitrah keimanan nya & fitrahnya sebagai pembelajar.
Demikian design pembelajaran yang saya rancang untuk dapat merealisasikan ilmu yang ingin dicapai untuk mencapai misi spesifik hidup. Semoga apa yang saya tulis mampu saya realisasikan dalam kehidupan ini. Dan apa yang saya tulis akan senantiasa saya perbarui sesuai dengan kebutuhan dan ilmu yang saya dapatkan.